KARAKTERISTIK BENUA AUSTRALIA(LETAK ASTRONIMIS DAN GEOGRAFIS)

 Benua Australia


Benua ini ditemukan tahun 1770 oleh James Cook seorang pelaut Inggris dan mula-mula diberi nama Terra in Cognita (daratan tak bernama). Tahun 1884, seorang Inggris lain bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania pulau di sebelah Australia. JANGAN LUPA SUBSCRIBE.

a. Letak dan luas Benua Australia

Benua Australia terletak di bagian timur bumi, di belahan bumi selatan. Letaknya membuat Autralia disebut sebagai “benua bawah”. Kata Australia berasal dari bahasa Latin Terra Australis yang berarti daratan di bagian selatan.

Secara astronomis benua ini terletak antara 10o41’ LS – 43o39’ LS dan antara 113o9’ BT – 153o39’ BT. Batas paling utara adalah Tanjung York, batas paling selatan di Pulau Tasmania, batas paling barat adalah Tanjung Barat Laut, dan batas timur di pantai kota Brisbane.

Australia merupakan benua terkecil. Luasnya ±7.683.300 km2, dengan batas geografis sebagai berikut.
·         Sebelah utara : Laut Arafuru, Laut Timor, Selat Flores (Indonesia) dan Papua Nugini.
·         Sebelah barat : Samudra Hindia.
·         Sebelah timur : Laut Koral, Samudra Pasifik, dan Laut Tasman.
·         Sebelah selatan : Samudra Hindia.

Perhatikan peta pada gambar berikut, atau bukalah atlasmu!

Peta: Benua Australia dan Pembagian Wilayahnya

Di wilayah benua Australia hanya terdapat satu negara yaitu Australia. Itulah sebabnya Australia dijuluki “negara benua”, yang terdiri atas 6 negara bagian dan 2 wilayah teritori.

b. Kenampakan alam benua Australia

Alam Australia terbagi atas tiga bagian utama, yaitu wilayah berupa pegunungan di bagian timur, wilayah dataran tinggi di bagian barat, serta dataran rendah di antara keduanya.

1. Daerah bagian timur

Daerah bagian timur merupakan barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara sampai Pulau Tasmania. Pegunungan ini disebut Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range).

Rangkaian pegunungan ini terdiri dari Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen Australia di sebelah selatan.

Puncak tertingginya adalah Gunung Kosciusco (±2.230 m) di sebelah selatan. Di sebelah timur Pegunungan Pemisah Besar terdapat dataran pantai yang menyempit.

2. Daerah bagian barat

Wilayah ini merupakan dataran tinggi (plato), yang dijuluki “Perisai Australia”. Sebagian besar wilayah barat dan tengah merupakan gurun pasir, yaitu Gurun Victoria dan Gurun Gibson.

Di wilayah pedalaman ke arah utara terdapat Pegunungan Macdonnel dan ke arah selatan terdapat Pegunungan Musgrave.

3. Daerah antara barisan pegunungan timur dan pegunungan plato barat

Di wilayah tersebut terdapat lembah Murray-Darling dan dataran rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia). Lembah Murray-Darling dialiri Sungai Darling, Murray, Lachlan, Murrmbidgee, dan Sungai Swan. Di cekungan Sungai Murray (ledok/ basin) ini, juga terdapat sumber air artesis.

Di daerah timur laut Australia terdapat rangkaian ±2.500 batu karang dan pulau kecil, yang dijuluki Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef).

Panjangnya mencapai ±2.000 km. Karang tersebut melindungi Australia dari pengaruh gelombang lautan. Selain itu daerah sekitar karang juga dijadikan tempat rekreasi/objek wisata.

c. Iklim benua Australia

Benua Australia memiliki dua macam iklim, yaitu iklim tropis dan iklim sedang. Perhatikan, zona pembagian iklim Australia, pada gambar berikut!

Iklim tropis dialami oleh wilayah bagian utara yang mendekati garis khatulistiwa. Suhu rata-rata mencapai 27oC, dengan curah hujan 1.000 – 3.000 mm per tahun.

Curah hujan tertinggi terdapat di wilayah pegunungan. Musim hujan terjadi pada bulan Januari – Juni. Musim kemarau terjadi antara bulan Juli – Desember.

Musim hujan di Australia dipengaruhi oleh angin muson barat laut dan angin muson pasat tenggara, terutama untuk wilayah Australia bagian timur. Semakin ke barat curah hujan semakin berkurang.

Iklim sedang dialami wilayah Australia bagian selatan, dengan pembagian musim sebagai berikut.
·         Musim panas terjadi bulan Desember-Februari.
·         Musim gugur terjadi bulan Maret-Mei.
·         Musim dingin terjadi bulan Juni-Agustus.
·         Musim semi berlangsung antara bulan September sampai dengan November.

d. Sosial Budaya benua Australia

 Penduduk asli Australia adalah bangsa aborigin.
Namun, bangsa aborigin makin terdesak oleh pendatang dari Eropa dan daerah lain. Lebih dari 80% penduduk benua ini tinggal di perkotaan.

Agama Penduduk Australia mayoritas adalah pemeluk agama Kristen (Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks, dan sebagainya).

Bahasa resmi yang digunakan di benua ini adalah bahasa Inggris (Australian English), yang sedikit banyak memiliki perbedaan dengan British English dan American English, terutama dari segi aksen dan pelafalan.

e. Perekonomian benua Australia

Perekonomian Australia didukung oleh kegiatan pertanian, peternakan, dan industri. Hasil pertanian utama benua ini adalah gandum, kapas, oat, sorghum, buah-buahan, dan lain-lain. Peternakan yang penting terutama adalah domba, biribiri, dan hewan ternak besar.

Penemuan berbagai bahan tambang dan cadangan energi mengubah Australia dari negara agraris menjadi negara industri. Hasil tambang utama adalah emas, intan, tembaga, bijih besi, minyak bumi, nikel, dan bauksit. Hasil industri, antara lain mesin-mesin berat, tekstil, elektronika, mobil, dan kapal.

SUMBER :http://www.dosenpendidikan.net/

Comments